Posted by : Alif M.A Selasa, 25 Desember 2012


CyberLycious Semua, Saya hanya ingin memberikan sedikit renungan, mungkin bisa membuat diri kita semua menjadi lebih menghargai orang yang mempunyai "Perbedaan". Tapi ini bukan tentang temanku Rudi Gunadi, tetapi aku mendengar cerita ini darinya.
            Apakah Kamu pernah membuat orang lain tertawa ?, tentu saja semua orang pernah melakukan itu. Apakah yang kamu lakukan sehingga orang-orang itu tertawa ?, tentu saja yang kamu lakukan adalah sesuatu yang kita sebut “MELUCU”.
            Saya yakin bahwa kamu pernah melucu yang secara-langsung ataupun tidak langsung melukai perasaan seseorang, mungkin saja tidak sadar kamu menghina SARA (Suku Agama Ras Antar Golongan) seseorang atau bahkan menjelek-jelekan fisik seseorang. Misalkan seperti ini : “Lho kok ada yang aneh sama wajahmu ?, hmm hidung kamu kok tenggelam ?”, nah lalu teman-teman kamu tertawa dan kamu  akan merasa bangga. Tapi coba kamu tebak perasaan orang yang kamu hina itu, apakah dia bisa tertawa mendengar ucapan  kamu yang seperti itu?, Tentu saja tidak !. Atau kamu mungkin pernah meledek orang yang tidak bisa bicara ?, atau jika pada suatu ketika kamu secara tidak sengaja tertabrak oleh orang yang mempunyai kelainan pada mata ?, Kamu mungkin akan berkata “Ah eh ah eh, dasar gagu !”, atau “Kalau jalan, lihat ke jalan dong, punya mata gak sih ? !”. atau ketika melihat teman kamu kegirangan secara berlebihan (Katakanlah ia memenangkan undian) mungkin kamu akan berkata “hei autis, kau menang apa sampai girang begitu ?”.
            Banyak sekali ucapan kita, ingat hanya ucapan kita saja sudah menyinggung orang lain khususnya orang yang berbeda dengan kita baik secara tidak langsung, walaupun tidak kita sadari kita telah melukai perasaan mereka. Ketika temanmu mengingatkan juga pasti kamu akan bilang “Cuma bercanda”, padahal orang yang kamu singgung tentu telah sakit hati. Coba kamu fikirkan kembali apakah mereka pernah menghina kalian baik secara langsung ataupun tidak langsung ? apakah mereka pernah berkata seperti ini  “Hei Orang Normal, kalau jalan pake mata dong !” ?.
            Kita sebagai manusia dilahirkan secara berbeda-beda, bahkan sekalipun terlahir kembar setiap orang pasti mempunyai perbedaan. Kita Harus Saling Membantu satu-sama lain karena setiap orang mempunyai kekurangan, karena orang yang memiliki kekurangan jika dibantu oleh orang yang mempunyai kekurangan juga akan menjadi suatu kelebihan, atau  menurut rumus matematika seperti ini “ - x - = +”, jadi kita sesama makhluk hidup walaupun memiliki kekurangan harus saling menolong satu sama lain jangan saling menghina karena hasilnya akan buruk, atau jika dilambangkan dengan rumus matematika “ - + - = - ”, nah jadi begitu Janganlah kita bercanda sampai melukai perasaan orang lain, jika kamu ingin dihargai maka hargailah orang lain dan dirimu sendiri.
            Kesimpulan tadi menurut saya sangat berarti walaupun diucapkan oleh seoran “Pengamen Jalanan yang mempunyai perbedaan”, Ingatlah bahwa “Dimana ada kekurangan, disitu ada kelebihan”.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Selamat Datang Pengunjung Ke

Translate

CyberLycious

Iklan Dikit

- Copyright © Cyber Hunter -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan Edit By Alif Maulana A -